Menyelidiki Jejak Rahasia Elektra

oleh Tim Petualangan Banyu

Tanggal 24/03/2015

Halo! Ini dia kisah petualangan Kidsventure Club dengan tema “Menyelidiki Jejak Rahasia Elektra” pada Desember 2012 kemarin.

“Elektra? Siapakah dia?” pertanyaan tersebut selalu ada dibenak saya ketika melihat poster keren dengan sosok anak perempuan memakai kacamata dan jubah yang terlihat seperti pahlawan super! Ternyata betul, Elektra adalah pahlawan super penyelamat kota dari kegelapan yang merupakan teman baru Banyu dalam film animasi pada modul edukasi lingkungan terbaru yang bertemakan Energi, yang berjudul “Petualangan Banyu: Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”. Yang berbeda dari Kidsventure Club kali ini, kegiatan jelajah diadakan sehubungan peluncuran film animasi dan modul edukasi lingkungan bertema energi tersebut. Kidsventure Club menjadi rangkaian acara pembuka dari acara launching film animasi #PetualanganBanyu serial ketiga.

Kidsventure Club dimulai dengan berkumpulnya para petualang cilik di Taman Ganesha pukul 08.00 pagi. Indonesia Power yang berada di daerah Dago Bengkok adalah tujuan para penjelajah kali ini. Pertama-tama, sesampainya di Indonesia Power kami berada di pinggir kolam yang besar sekali yang disebut KTH, singkatan dari Kolam Tando Harian.

Disini adik-adik bertemu dengan Pak Iwan Sukmana dari Indonesia Power yang menjelaskan mengenai sumber-sumber energi listrik, sumber energi listrik alternatif, alasan mengapa harus menghemat listrik, dan bagaimana cara menghemat energi listrik.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan melewati perumahan penduduk, Penjelajah Cilik menemukan gundukan-gundukan pipa yang menuju ke suatu daerah dan menemukan pipa besar berwarna kuning.

Hmmm pipa apa itu ya? Besar sekali, dan tunggu…… ada suara dari pipa tersebut! Para Penjelajah menempelkan telinganya ke pipa kuning itu, hmmm suara apa ini ya? Seperti suara air yang mengalir deras sekali, wah jangan-jangan ada hubungannya dengan Kolam Tando Harian tadi.

Penjelajah mengambil kembali kertasnya dan mencatat hal menarik kedua di penjelajahan kali ini. Para penjelajah cilik melanjutkan perjalanan menyusuri pipa kuning tersebut untuk mencari tahu kemanakah tujuan pipa ini. Jalanan yang dilalui cukup curam sehingga Penjelajah Cilik harus berhati-hati dan saling berpegangan dengan teman sekelompoknya.

Penelusuran pipa berakhir dan para petualang cilik diajak menonton bersama film animasi terbaru “Petualangan Banyu: Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”. Mereka terlihat antusias dan mulai fokus menonton saat film mulai diputar. Setelah menonton, petualang cilik mengisi lembar kerja mengenai film di buku jelajah masing-masing.

Dalam kelompok kecil, adik-adik mendapatkan seperangkat games hemat listrik dan penggunaannya. Memainkan games lalu menuliskan semua jalan cerita games tersebut di buku jelajah. Setelah berhasil mengerjakan adik-adik mendapatkan badge sebagai reward.

Petualangan berakhir setelah para petualang cilik diajak mengamati cara kerja alat peraga sumber energi alternatif yang kemudian mereka menuliskan bagaimana cara kerja energi tersebut di buku jelajah masing-masing. Seru kaaan? petualang cilik sekarang sudah mampu menemukan jejak energi karena mengikuti tuntunan Elektra!

(sumber: https://kisahsahabatkota.wordpress.com/2013/01/09/menjelajah-jejak-rahasia-elektra/)

Leave a Reply

Lihat catatan lainnya

  • Aktivasi Petualangan Banyu Bersama HSBC Indonesia

    Terima kasih kepada HSBC Indonesia yang sudah mendukung adanya Program Aktivasi Petualangan Banyu selama ini, juga rekan-rekan Saung Palakali yang turut serta membantu dalam pelaksanaannya. Semoga budaya kolaborasi ini dapat memicu semangat berbagai pihak untuk menyebarkan semangat peduli lingkungan khususnya isu persampahan di Indonesia.

  • LCD Proyektor Kebutuhan Utama

    Masalah sampah menjadi sebuah permasalahan krusial diberbagai daerah, termasuk di Kota Batu. Sebagai kota wisata, kota ini memiliki permasalahan sampah yang lebih kompleks dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Jumlah wisatawan yang datang ke kota ini jauh lebih besar ketimbang jumlah penduduk. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di 24 desa dan kelurahan terdapat 189.281 […]

  • Ikrar Menjaga Lingkungan

    Siswa SDN Tulungrejo 2, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berikrar menjaga kelestarian sumber air dan menghargai air dengan menorehkan cap tangan komitmen mereka di spanduk. Diantara tawa ceria para siswa, ada komitmen untuk tidak membuang sampah dan menghemat air di rumah mereka. Kebulatan tekad itu mereka buat setelah para siswa diajak untuk mengenal asal usul air […]