Aktivasi Petualangan Banyu Bersama HSBC Indonesia

oleh Tim Petualangan Banyu

Tanggal 08/08/2017

Sejak September 2016, Greeneration Foundation menjalin kolaborasi bersama HSBC Indonesia dalam melaksanakan Program Aktivasi Petualangan Banyu di 4 SD dan 3 SMP yang berada di 5 wilayah yang berbeda.

Untuk tingkat SD program ini berhasil dilaksanakan diantaranya di Sekolah Citra Alam Ciganjur, SD Prima Sakinah Islamic School Bekasi, SD Negeri Tanah Baru 1 Depok, dan SD Negeri Patrakomala Bandung. Sedangkan di tingkat SMP program ini berhasil dilaksanakan di SMP Negeri 70 Jakarta, SMP IT Miftahul Ulum Depok, dan yang terakhir yaitu di SMP Islam Plus Assa'adatain Depok.

Dalam pelaksanaannya, program yang dilaksanakan hingga Agustus 2017 ini dibantu juga oleh rekan-rekan pegiat lingkugan Saung Palakali, Depok.  Secara umum program ini meliputi Aktivasi Modul Pendidikan Kreatif Pengelolaan Sampah, Pembuatan Video atau Film Animasi, serta Pengembangan Website www.petualanganbanyu.com.

Sementara dalam setiap aktivasi yang dilakukan di sekolah-sekolah bersama HSBC Indonesia dan Suang Palakali, kegiatan yang diaplikaskan pada peserta aktivasi ini meliputi Menonton Film Petualangan Banyu, Identifikasi Jenis Sampah, hingga Membuat Prakarya dari limbah atau sampah anorganik.

Selain film “Petualangan Banyu di Negeri Sampah”, pelaksanaan proram yang didukung oleh HSBC Indonesia ini pun berhasil meluncurkan satu film animasi edukatif terbaru tentang persampahan yaitu Film Animasi “Samsi dan Kotak Daur Ulang”. Film animasi edukatif ini kemudian akhirnya dikembangkan menjadi salah satu tontonan yang masuk dalam program aktivasi bagi peserta di sekolah-sekolah. Dengan adanya film animasi “Samsi dan Kotak Daur Ulang” sebagai series baru juga berdampak pada pengembangan modul pendidikan kreatif yang sudah dibuat.

Serial film animasi edukatif yang dilengkapi dengan modul pembelajaran kreatif yang menarik ini diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk mendidik sikap dan perilaku ramah lingkungan pada anak-anak. Masyarakat juga dapat mengunduh secara gratis paket modul dan seral film edukatif tersebut langsung di website ini.

Terima kasih kepada HSBC Indonesia yang sudah mendukung adanya Program Aktivasi Petualangan Banyu selama ini, juga rekan-rekan Saung Palakali yang turut serta membantu dalam pelaksanaannya. Semoga budaya kolaborasi ini dapat memicu semangat berbagai pihak untuk menyebarkan semangat peduli lingkungan khususnya isu persampahan di Indonesia.

Leave a Reply

Lihat catatan lainnya

  • LCD Proyektor Kebutuhan Utama

    Masalah sampah menjadi sebuah permasalahan krusial diberbagai daerah, termasuk di Kota Batu. Sebagai kota wisata, kota ini memiliki permasalahan sampah yang lebih kompleks dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Jumlah wisatawan yang datang ke kota ini jauh lebih besar ketimbang jumlah penduduk. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di 24 desa dan kelurahan terdapat 189.281 […]

  • Ikrar Menjaga Lingkungan

    Siswa SDN Tulungrejo 2, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berikrar menjaga kelestarian sumber air dan menghargai air dengan menorehkan cap tangan komitmen mereka di spanduk. Diantara tawa ceria para siswa, ada komitmen untuk tidak membuang sampah dan menghemat air di rumah mereka. Kebulatan tekad itu mereka buat setelah para siswa diajak untuk mengenal asal usul air […]

  • Rumah Belajar Mentari: Hangat dan Seru

    Pada hari Kamis tanggal 19 November 2015, kami kembali mengaktifasi modul Petualangan Banyu di rumah belajar Mentari. Lokasi rumah belajar Mentari berada di desa Ciburial kabupaten Dago, dekat dengan Dago Golf maupun Dago Resor. Petualangan Banyu kali ini diikuti oleh 19 adik dan tujuh orang kakak fasilitator. Sesuai dengan komitmen minggu lalu, setiap adik yang […]