• Aktivasi Petualangan Banyu Bersama HSBC Indonesia

    Terima kasih kepada HSBC Indonesia yang sudah mendukung adanya Program Aktivasi Petualangan Banyu selama ini, juga rekan-rekan Saung Palakali yang turut serta membantu dalam pelaksanaannya. Semoga budaya kolaborasi ini dapat memicu semangat berbagai pihak untuk menyebarkan semangat peduli lingkungan khususnya isu persampahan di Indonesia.

  • LCD Proyektor Kebutuhan Utama

    Masalah sampah menjadi sebuah permasalahan krusial diberbagai daerah, termasuk di Kota Batu. Sebagai kota wisata, kota ini memiliki permasalahan sampah yang lebih kompleks dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Jumlah wisatawan yang datang ke kota ini jauh lebih besar ketimbang jumlah penduduk. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di 24 desa dan kelurahan terdapat 189.281 […]

  • Ikrar Menjaga Lingkungan

    Siswa SDN Tulungrejo 2, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berikrar menjaga kelestarian sumber air dan menghargai air dengan menorehkan cap tangan komitmen mereka di spanduk. Diantara tawa ceria para siswa, ada komitmen untuk tidak membuang sampah dan menghemat air di rumah mereka. Kebulatan tekad itu mereka buat setelah para siswa diajak untuk mengenal asal usul air […]

  • Rumah Belajar Mentari: Hangat dan Seru

    Pada hari Kamis tanggal 19 November 2015, kami kembali mengaktifasi modul Petualangan Banyu di rumah belajar Mentari. Lokasi rumah belajar Mentari berada di desa Ciburial kabupaten Dago, dekat dengan Dago Golf maupun Dago Resor. Petualangan Banyu kali ini diikuti oleh 19 adik dan tujuh orang kakak fasilitator. Sesuai dengan komitmen minggu lalu, setiap adik yang […]

  • Menyelidiki Jejak Rahasia Elektra

    “Elektra? Siapakah dia?” pertanyaan tersebut selalu ada dibenak saya ketika melihat poster keren dengan sosok anak perempuan memakai kacamata dan jubah yang terlihat seperti pahlawan super! Ternyata betul, Elektra adalah pahlawan super penyelamat kota dari kegelapan yang merupakan teman baru Banyu dalam film animasi pada modul edukasi lingkungan terbaru yang bertemakan Energi, yang berjudul “Petualangan Banyu: Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”.

  • Kidsventure Club “Menyelidiki Jejak Rahasia Elektra”

    Dalam rangka peluncuran film animasi dan modul edukasi Petualangan Banyu seri ke-3 “Petualangan Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”, Kidsventure Club diadakan sebagai rangkaian acara pembuka.

    Kita semua pasti menikmati listrik di rumah, tapi tahukah dari mana listrik itu berasal? Mengapa kadang kita mengalami mati listrik? Bayangkan jika dunia kita kehabisan energi listrik. Apa yang akan terjadi?

  • Selamatkan Hutan Kita

    Bagi kita, manusia yang hidup di perkotaan, hutan akan terasa jauh sekali, baik dari segi jarak maupun rasa keterikatan. Tentu saja di Kota kita jarang menemukan hutan kecuali hutan kota, kehadiran taman kota pun sudah berganti dengan jalan ataupun infrastruktur kota lainnya.