Petunjuk Petualangan

Berikut petunjuk bermain Petualangan Banyu :

  1. Download modul dan lembar kerja yang tersedia di UNDUH BERKAS untuk dipelajari terlebih dahulu sebagai panduan untuk mengajar dan bermain.
  2. Mulai petualangan dengan menonton bersama film animasi yang tersedia diwebsite atau dapat didownload terlebih dahulu dihalaman UNDUH BERKAS untuk high resolution
  3. Lanjutkan petualangan dengan melakukan kegiatan yang terdapat dimodul untuk bermain sambil belajar. Petunjuk tiap-tiap permainan tertulis dengan jelas didalam modul.
  4. Dokumentasikan kegiatan petualangan seru kamu untuk dibagikan kepada Banyu dan Sahabat Banyu.
  5. Tulis hasil petualangan seru kamu untuk diceritakan kepada Sahabat Banyu dan ajak juga sahabatmu untuk ikut berpetualang bersama Banyu.

Selamat Berpetualangan!

Cerita & Sinopsis

RINGKASAN CERITA

 

Sampah menyerang kita! Begitulah yang kita pikirkan saat melihat tumpukan sampah yang menggunung dengan baunya yang membuat kita tidak berselera. Bagi sebagian dari kita, sampah adalah masalah. Karenanya sampah harus disingkirkan dan dienyahkan agar tak terlihat lagi. Pola hubungan ini yang membuat kita melihat sampah sebagai ‘musuh’ kita, padahal kitalah justru yang menghasilkan sampah-sampah tersebut.

 

Seandainya dunia ini bebas sampah, barangkali modul pelatihan ini tidak perlu ada. Kenyataannya, sampah selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Ya, sampah adalah keniscayaan dari pola hidup kita. Namun selama ini banyak yang tidak menyadari, masalah yang ditimbulkan sampah di lingkungan kita, sesungguhnya bukan dari sampah itu sendiri melainkan dari perilaku kita dalam mengelolanya.

 

Sebagai salah satu sumber sampah, setiap sekolah perlu ikut berperan dalam menangani sampah. Jika dilakukan bersama dengan segenap warga sekolah, upaya menangani sampah dapat memberi manfaat yang besar bagi kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar. Apalagi sekolah merupakan salah satu tempat kita menuntut ilmu dan membangun karakter.

 

Salah satu proses penting untuk melakukan perubahan adalah melalui pemahaman dan pengetahuan, terutama bagi para guru yang menjadi motor pembangunan mental bangsa ini serta para siswa yang akan menjadi masa depan negeri ini. Modul ini disusun untuk menjadi materi pelatihan yang menarik dan efektif untuk para guru dan siswa. Melalui modul ini para guru dan siswa, diharapkan memahami konteks, dasar dan praktik pengelolaan sampah di sekolah sehingga perilaku tersebut menular ke kehidupan domestik mereka sehari-hari.

 

 

KARAKTER DALAM CERITA

 

Banyu : Siswa sekolah hijau yang peduli pada lingkungan sekitar.

 

Samsi  : Sahabat Banyu yang suka mendaur ulang.

 

Kotak Kardus : Teman berkarya Samsi.

 

Botol Plastik : Botol plastik yang punya dendam kepada manusia.

 

Kertas  : Kertas yang selalu berpikir dulu sebelum bertindak, karena dulunya sebagai kertas brosur.

 

Kaleng : Kaleng yang suka ciut pada hal-hal asing atau tidak biasa.

 

Kemasan : Kawan setia Kertas, Kaleng dan Botol Plastik

 

 

 

 

Unduh Berkas

Sahabat harus terdaftar terlebih dahulu untuk mengunduh berkas. Silahkan daftar disini atau masuk sebagai anggota disini

Komentar